Pages

Senin, 18 Mei 2015

Penyebab Suhu Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab Suhu Mesin Mobil Cepat Panas - Paling menyebalkan, saat asyik berkendara, mendadak suhu mesin meninggi. Apalagi gejala itu terjadi kala lagi dalam perjalanan mudik ke kampung halaman. Lebih bahaya, tanpa disadari pengemudi terus menjalankan mobil hingga sampai mesin macet.

Sebenarnya, gampang menandai gejala suhu mesin panas. Tarikan atau akselerasi terasa berat. Lalu, ketika meluncur normal dan setiap akan menambah kecepatan muncul suara ngelitik di mesin.

Bisa jadi, sumber penyababnya terjadi kebocoran pada sistem pendingan mesin. Apalagi usia kendaraan sudah tua.
Dengan informasi di bawah ini, mungkin Anda bisa memeriksa pada kendaraan Anda.


Slang Radiator
Perangkat ini memang terlihat remeh, sehingga banyak pemilik mobil mengabaikannya. Padahal, fungsi komponen dari bahan karet ini cukup besar. Bocor sedikit, bikin suhu tinggi. kebocoran disebabkan kondisi slang mengeras, karena faktor usia. jika dibiarkan menimbulkan keretakan di permukaan karet dean mudah sobek. Cepat ganti baru. Kalau kondisi masih bagus, kemungkinan pengikatnya kendur.

Tali Kipas dan Radiator
kedua perangkat ini sama-sama memiliki fungsi vital. Kerjanya pun saling berkaitan. Contoh, bila tali kipas kendur menyebabkan putaran kipas lemah dan tak maksimal. Akibatnya, suhu radiator tinggi karena tak mendapast embusan angin yang keras dari kipas. terlebih buat kendaraan yang dilengkapi AC.
Pengecekannya, periksa ketegangan tali kipas. Kondisi harus baik dan bebas dari keretakan. Terutama bagian dalam yang bergesekan langsung dengan puli. Sedang radiator, periksa apakah ada rembesan atau kebocoran.

Tutup Radiator
Bila kerapatan tutup tidak sempurna, menyebabkan uap dalam radiator menyelinap ke luar. Otomatis, volume air di dalamnya berangsur-angsur kurang, menyebabkan panas mesin naik.

Pompa Air
Fungsinya menjaga sirkulasi air dari radiator ke dalam mesin. Jika putarannya mengalami ganggguan, bisa menimbulkan kebocoran pada pompa atau suplai air kurang. Adakalnya pompa air mengnalami gangguan kebocoran. Faktornya, bisa disebabkan dari kondisi laher atau karet silnya.

Termostat
Perangkat ini berfungsi mengukur suhu air dalam radiator. Sistem kerjanya, pda suhu tertentu akan membukakan pintu untuk mengalirkan air dari radiator ke mesin. Kebanyakan di negara tropis, perangkat ini ytak dipakai. Karena suhu temperatur mesin cepat naik, sehingga memerlukan pendinginan air radiator lebih cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar