Pages

Senin, 18 Mei 2015

Penyebab Temperatur Mobil Naik

Sebab mesin mobil panas, mengetahui beberapa penyebab temperatur mobil naik atau temperatur panas mesin mobil naik diatas temperatur kerja mesin.
Pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam mesin menghasilkan panas, itulah sebab kenapa mesin mobil panas, panas mesin agar tidak berlebihan diperlukan suatu sistem pendingin untuk mengatur temperatur kerja mesin, silakan lihat bagian-bagian pada sistem pendingin mesin mobil.Indikator temperatur analog pada mobil mercyAgar tidak terjadi kerusakan fatal pada mesin akibat panas berlebihan,pada instrumen dashboard atau pada intrumen spidometer dipasang indikator temperatur mesin, untuk mengingatkan kita agar berhentikan mesin jika indikator temperatur sudah panas atau berkedip.
Beberapa Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik
Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab temperatur mobil naik;
1. Kipas Radiator tidak berputar saat temperatur kerja sudah tercapai, termasuk putaran kipas yang kurang kencang atau pun ekstra fan mati yang menyebabkan temperatur mobil naik saat ac dinyalakan.
2. Terjadi masalah kerusakan pada tutup radiator.
3. Air radiator tidak bersirkulasi, baik disebabkan oleh water pump tidak berputar karena v-belt putus, radiator tersumbat atau pun thermostat mesin macet.
4. Terjadi kebocoran pada sistem pendingin mesin mobil, termasuk kebocoran pada radiator, slang radiator, slang baypass, slang buntu, kebocoran pada pompa air mesin atau pun bocor pada packing silinder head mesin.
5. Oli mesin kurang dan berada dibawah garis lower pada indikator stik oli atau sirkulasi oli mesin tersumbat.
Penjelasan dari beberapa penyebab temperatur mesin mobil naik tersebut diatas sudah saya tulis tetapi dengan kalimat atau kata-kata yang berbeda silakan kunjungi kenapa air radiator mobil kurang terus.
Dampak atau akibat temperatur panas mobil naik
Diatas sudah saya jelaskan beberapa penyebab temperatur panas mobil naik, sekarang perlu kita tahu apa dampak atau akibat jika temperatur panas mobil naik.
Temperatur panas mobil naik diatas temperatur kerja normal mesin bisa menyebabkan hal-hal berikut ini terjadi, diantaranya;
1. Kerusakan pada mesin, bisa jadi kop silinder bengkok, piston macet, bantalan-bantalan mesin cacat, silinder mesin cacat, hal ini akan terjadi jika mesin yang sedang overheat dipaksa untuk jalan tanpa memperhatikan indikator temperatur naik lebih dari 1/2 atau 3/4 untuk indikator temperatur analog yang tidak dilengkapi derajat panas.
2. Untuk kendaraan yang sudah berumur biasanya akan berpengaruh terhadap ac mobil, ac mobil akan kehabisan freon akibat panas dan tekanan yang terlalu tinggi dalam sistem ac, jika saat terjadi temperatur panas mesin naik sedangkan ac mobil juga dinyalakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar